Memahami apa itu ISO
Apakah ISO ? Apa itu ISO?
Pengertian
Penulis selama bekerja pernah berkesempatan mengikuti
beberapa training ISO, seperti : ISO 9001, ISO 14001, ISO/IEC 17025. Uniknya,
kebanyakan Trainer menguji peserta dengan pertanyaan : ISO itu apa? Bahkan beberapa
mencantumkan pertanyaan tersebut pada evaluasi awal atau Post Test sebelum
Training dimulai.
Pada soal pilihan ganda dengan jawaban yang bisa memilih A
atau B atau C, dengan pertanyaan : apa
kepanjangan dari ISO?
A.
International Organization for Standardization
B.
International Standardization for Organization
C.
Tidak ada kepanjangannya
Umumnya peserta Training yang masih awam akan terjebak untuk
menjawab “B”, karena logika sebuah kata yaitu kepanjangan dari ISO yang paling
sesuai adalah “International Standardization for Organization”. Jawaban yang benar
adalah “C”, kenapa? Kita simak pada penjelasan sejarah perumusan nama ISO
berikut :
Sebenarnya, ISO adalah sebuah lembaga atau badan penetapan
standar internasional yang didirikan oleh wakil-wakil dari badan standardisasi
nasional setiap Negara.
Para pendiri tersebut menggunakan bahasa yang berbeda yaitu
Inggris dan Perancis, oleh karenanya ada dua singkatan yang berbeda dari
kesepakatan nama yaitu “Organisasi Internasional untuk Standardisasi” :
·
Bahasa inggris : International Organization for
Standardization, disingkat IOS
·
bahasa Perancis: Organisation internationale de
normalization, disingkat OIN
Karena adanya perbedaan tersebut diatas, maka para pendiri
membuat kesepakatan lagi untuk pemilihan nama, dipilihlah : ISO. Nama tersebut berasal dari bahasa
yunani yang berarti sama (equal). Contohnya :
·
isobar
: dalam ilmu kimia, “isobar” adalah atom-atom dari unsur yang berbeda, namun
nomor massanya sama.
·
Isotherm
: dalam ilmu fisika, “isotherm” adalah perubahan keadaan gas pada suhu yang sama.
·
Isotop
: dalam ilmu kimia, “isotope” adalah bentuk dari unsur yang nukleusnya memiliki
nomor atom yang sama
·
air isotonik
: air yang memiliki tekanan osmotik yang sama
dengan tekanan darah tubuh
jadi ISO adalah nama yang disepakati oleh para pendiri dan
bukan merupakan singkatan dari apapun.
Cukup jelas bukan? Jika pembaca masih merasa kurang jelas,
silahkan tulis di kolom komentar supaya kami bisa menyempurnakan isi web ini.
ISO adalah salah satu standar internasional di dalam sebuah
sistem manajemen yang berfungsi untuk mengukur
mutu suatu organisasi. Penting sekali untuk bisa mengukur bagaimana
kredibilitas perusahaan yang ingin diakui oleh dunia Internasional, dengan ISO suatu perusahaan dapat meningkatkan
sistem manajemen mutunya secara berkesinambungan.
Sejarah tentang ISO
Ø
ISO didirikan pada 23 Februari 1947 di Genewa,
Swiss.
Ø
ISO merupakan lembaga nirlaba internasional,
pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi
internasional untuk apa saja.
Ø
Standar yang sudah kita kenal antara lain
standar jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran dan
ketebalan kertas dan lainnya.
Ø
Dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka
mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk dalam Komite Teknis
(TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG).
Ø
Peserta ISO adalah badan standar nasional dari
setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.
Fungsi penerapan ISO di suatu
perusahaan
Ø
Meningkatkan citra atau kredibilitas perusahaan : kredibilitas adalah kendali
proses dan prosedur sebuah perusahaan dimana dapat dipastikan jika ada masalah
maka tindak lanjutnya sudah bisa ditangani secara sistemik, hal inilah yang akan
menghasilkan kepuasan pelanggan.
Ø
Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
Ø
Meningkatkan efisiensi kegiatan : jika sebagian
besar atau seluruh karyawan mengikuti prinsip manajemen mutu sesuai standar
ISO.
Ø
Memperbaiki manajemen organisasi dengan
menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan,
do, check, act)
Ø
Meningkatkan penataan terhadap ketentuan
peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
Ø
Mengurangi risiko usaha : penerapan sistem
manajemen khusus dapat membantu perusahaan untuk mengetahui keseluruhan kinerja
perusahaan. Antisipasi akan lebih cepat dilakukan jika ada indikasi produk
gagal atau penurunan kinerja perusahaan. Hal ini akan mencegah resiko yang
lebih tinggi jika tidak ada filter sistemik melalui ISO tersebut.
Ø
Meningkatkan daya saing
Ø
Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan
baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
Ø
Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra
kerja/pemodal : image atau brand perusahaan akan menjadi jauh lebih positif
dengan adanya sertifikasi ISO.
Standar ISO yang Populer di berbagai
Perusahaan
·
ISO 9001
·
ISO 14001
·
ISO 20001
·
ISO 27001
·
ISO 29001
Logo ISO
0 Response to "Memahami apa itu ISO"
Post a Comment